Rabu, 20 Juni 2007

NGO dan DOOR SMEER



Pasca gempa dan tzunami, begitu ramai NGO (Non Goverment Organisation) asing maupun lokal bermarkas dan melakukan aktivitas di seluruh pelosok Aceh sebagai wujud kepedulian terhadap upaya rehabilitasi dan rekonstruksi. Aktivitas mereka beragam mulai dari rehabilitasi sarana fisik, sampai kepada aktivitas sosial-budaya dan kemanusiaan. Hampir di setiap sudut kabupaten / kota Aceh bahkan hingga ke gang-gang pun ada sekretariat NGO atau LSM, sehingga boleh dikata Aceh sebagai Kota NGO. Kendaraan yang berlabel NGO pun menjadi marak seperti mobil, motor bahkan hingga becak sekali pun.

Selain itu, ada lagi yang lebih marak di Aceh. Jika kita menelusuri propinsi Nangroe Aceh Darussalam, di setiap Kabupaten/Kota hingga ke tingkat kecamatan kita bisa melihat ada tulisan DOOR SMEER. Apakah itu ? Kalau ada tulisan seperti itu pastilah ia tempat pencucian mobil atau motor. Maraknya DOOR SMEER ini bak jamur di musim hujan mengikuti maraknya kendaraan bermotor khususnya Honda (sebutan orang Aceh untuk Motor) yang saat ini bisa dicicil oleh berbagai pihak dengan ansuran yang rendah dan memiliki cabang pemasaran di mana-mana.


Melihat, dimana-mana ada papan atau label bertuliskan DOOR SMEER seperti juga maraknya label NGO. Saat awal mula saya menginjakkan kaki di Aceh, saya pernah bertanya kepada teman “DOOR SMEER itu NGO apa sih ? Koq dimana-mana ada cabangnya ? ” Teman saya yang bernama Pak Idris spontan menjawab DOOR SMEER itu NGO yang fokus pada bidang kebersihan, yaitu kebersihan kendaraan bermotor. Saya tiba-tiba mengerti dan tertawa, ketika melihat bahwa DOOR SMEER tempat pencucian kendaraan bermtor. Lalu mengapa diberi nama DOOR SMEER ? Pak Idris menjelaskan bahwa kalo smeer itu artinya membersihkan, door itu bukan pintu lho tapi door itu suara tembakan. Jadi DOOR SMEER adalah menembakkan air ke kendaraan untuk membersihkannya. Ha…ha… memang orang Aceh sudah akrab dengan yang namanya perang, sehingga airpun disamakan dengan senjata. (Ird)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar